Cara Membuat Sepatu Untuk Pemula Rumahan

Cara Membuat Sepatu
Cara Membuat Sepatu : Image To www.pabriksepatupantpfel.com


Cara Membuat Sepatu Bagi Pemula
Sepatu merupakan alas kaki sekaligus salah satu barang fashion untuk seseorang, sepatu merupakan barang yang sederhana namun tidak banyak orang yang bisa membuat sepatu.
Pada dasarnya semua orang bisa membuat sepatu seandainya dia mau belajar dan tekun dalam membuat sepatu, karena dalam membuat sepatu orang harus mempunyai keterampilan didalamnya dan nilai plus bagi orang yang suka seni karena dalam desain sepatu kita bisa membuat pola dengan bagus.


Dalam pemembuatan sepatu kita harus siapkan barang dan bahan untuk membuat sepatu itu sendiri. Usahakan beli ditempat khusus penjualan barang dan bahan sepatu. Disini saya akan menerangkan Cara Pembuatan Sepatu Kelas Home Industri, dan oleh karenanya kita tidak perlu menggunakan mesin-mesin sepatu berat dan mahal.

Barang dan bahan yang diperlukan adalah

Barang
Cetakan sepatu dari kayu/plastik yang menyerupai kaki
Mesin seset, jika bahan sepatu tebal seperti kulit tebal dan bahan imitasi lainnya
Palu khusus pembuatan sepatu
Tang jepit
Paku khusus pembuatan sepatu
Kompor dan minyak tanah
Open sederhana
Mesin Gerinda jika sepatu terbuat dari kulit
Pisau seset (pangot)
Mesin jahit

Bahan
Kulit atau bahan lain yang bisa dibentuk menjadi kap sepatu
Lem kuning
Lem putih
Kertas pengeras
Bensin
Sol sepatu
Benang nilon
Pen khusus
Bontek (alas dalam untuk pasangan penempelan kap sepatu)

*Belilah bahan dan barang ditoko khusus penjualan bahan sepatu dikota anda.

Setelah bahan dan barang sudah komplit, mulailah dengan membuat model sepatu yang sesuai dengan bentuk dari cetakan sepatu Anda, bisa buka disini CARA MEMBUAT MODEL SEPATU. Jika model sudah jadi maka akan didapat pola atau potongan cetakan kertas untuk membuat pola sepatu.







Create Shoes

Berikut langkah-langkah cara membuat sepatu



  1. Pertama mulailah pola digambar dengan pen khusus dibahan yang akan dijadikan sepatu (Kap sepatu), setelah digambar, bahan dipotong-potong mengikuti garis gambar pola sepatu. Potongan – potongan disatukan dan dijahit dengan benang nilon sesuai pola yang ada hingga membentuk sepasang kap sepatu.Ingat jika bahan/kulit lebih tebal maka bagian yang akan kena jahitan harus di seset dengan mesin seset supaya bagian ini menjadi rata dan tidak menonjol dengan bagian lainnya.
  2. Sekeliling bawah Kap sepatu di lem bagian pinggirnya dengan tinggi kurang lebih 5mm dengan lem kuning, dan bontek adalah seperti bahan kardus tebal yang digunting/dibentuk menyerupai sol sepatu untuk bagian dalam dan sekeliling pinggir bontek ini dilem kuning setelah itu dipaku dengan paku khusus pada cetakan sepatu.
  3. Kap sepatu sudah selesai dilem dan bontek juga sudah dilem dan dipaku ke cetakan sepatu, kemudian selanjutnya dipasang kertas pengeras di bagian depan dan belakang kap septu tujuannya supaya depan dan belakang sepatu nantinya bisa kaku, ingat sebelum kertas pengeras dimasukan ke dalam kap sepatu terlebih dahulu dibasahi dengan bensin supaya pengeras ini bisa lembek untuk sementara dan bisa di lem dengan lem kuning kemudian ditempel di bagian dalam kap sepatu. Kap yang sudah dipasang pengeras harus segera di masukan kedalam cetakan sepatu dan selanjutnya kap dipasang ke cetakan sepatu, lalu sekeliling kap sepatu ditarik kebawah dan ditempelkan ke bontek tadi dengan menggunakan tang khusus, kemudian dipalu supaya bahan/kulit dan bontek menempel dengan baik. Setelah berbentuk dan cetakan sudah berbalut bahan/kulit, simpanlah minimal 6 jam supaya lem dan pengeras sudah bekerja maksimal.
  4. Setelah 6 jam, dan biarkan seperti itu kemudian lihat bagian bawah hasil cetakan tadi apakah ada tonjolan-tonjolan bahan/kulit, jika ada segera ratakan dan rapikan dengan pisau seset (pangot).
  5. Siapkan sol sepatu dan selanjutnya dilem dengan lem putih, lem putih ini juga dioleskan pada bagian bawah kap sepatu hasil cetakan tadi, dan keadaan cetakan masih berada didalam kap sepatu. Biarkan lem putih ini kering (kurang lebih 10-15 menit) pada sol dan bawah kap sepatu
  6. Sol dan kap bawah sudah dilem lalu bersiaplah untuk menempelkan antara kap bawah dan sol. Sebelum ditempelkan nyalakan kompor dan simpan diatasnya alat open sederhana. Lalu sol di open sebentar kurang lebih 1 menit tergantung besar kecilnya api, jika sol sudah mulai lentur maka ambil dan tempelkan pada bagian bawah kap yang terdapat pada cetakan sepatu. Bagian pemasangan Sol adalah bagian tersulit jika masih dalam tahap belajar.

By Sumber : https://homeindustrisepatu.blogspot.com/2012/09/home-industri-sepatu-surabaya-sidoarjo.html#.Wx0yXoozbIU

Komentar (0)

Post a Comment